Kamis, 28 Maret 2013

artikel organisasi


Nama  : Nurhayani
Kelas   :1EB12
NPM  : 25212493

ARTIKEL ORGANISASI.....

Sebagai makhluk sosisal, manusia membutuhkan
bantuan manusia lainnya untuk mencapai sebuah
tujuan yang tidak dapat mereka capai sendiri. Maka
dari itu terbentuklah suatu organisasi.  
Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau
lebih) yang bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan. Organisasi itu sendiri dapat di artikan sebagai wadah atau tampat untuk melakukan kegiatan dimana kita dapat berkreasi serta menyalurkan aspirasi kita, untuk membangun organisasi itu sendiri dalam suatu tujuan yang telah di tetapkan bersama.
Organisasi juga dapat diartikan dua macam yaitu :
1. Dalam arti statis, yaitu organisasi sebagai wadah tempat dimana kegiatan kerjasama dijalankan.
2. Dalam arti dinamis,yaitu organisasi sebagai suatu sistem proses interaksi antara orang-orang yang bekerjasama, baik formal maupun informal.
Organisasi bukan sekedar shared vision,strategy,structure, system, style,staff and skills.
Organisasi bisa dilihat sebagai sistem sosial, ini cara paling pas melihat organisasi dari perspektif lebih lebar..

  •    Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut :
·                Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
·                James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
·                Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
·                Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tuuan bersama atau sekelompok tujuan

  • BUADAYA ORGANISASI
Budaya organisasi ditandai dengan adanya sharing atau berbagi nilai dan keyakinan yang sama dengan seluruh anggota organisasi. Sharing inilah yang dapat mempengaruhi prilaku orang-orang dalam sebuah organisasi. Prilaku organisasi sendiri merupakan seperangkat tindakan yang ada dalam sebuah organisasi.
Perilaku organisasi melihat bagaimana tingkat individu, tingkat kelompok, serta kinerja baik secara individu, kelompok maupun organisasi itu untuk berinteraksi satu sama lain. Perilaku organisasi berusaha untuk mengontrol, memprediksi, dan menjelaskan pembagian tugas dan tanggung jawab para anggota dalam sebuah organisasi.
Pengorganisasian merupakan suatu bentuk dari pengaturan suatu organisasi yang dilaksanakan oleh para anggotanya untuk mencapai maksud dan tujuan kelompok atau organisasi tersebut. Berbicara tentang pergerakan pada organisasi pemuda maka tentu dirasakan efek atas apa terjadi pada pergerakan organisasi pemuda dan mahasiswa yang terjadi sejak dulu. Dan dapat kita rasakan hasilnya pada saat ini. Di Indonesia adalah kegiatan kemahasiswaan yang ada di dalam maupun di luar perguruan tinggi yang dilakukan untuk meningkatkan kecakapan, intelektualitas dan kemampuan kepemimpinan para aktivis yang terlibat di dalamnya.
Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, gerakan mahasiswa seringkali menjadi cikal bakal perjuangan nasional, seperti yang tampak dalam lembaran sejarah bangsa. Misalanyha saja pergerakan budi utomo merupakan wadah perjuangan yang pertama kali memiliki struktur pengorganisasian modern. Didirikan di Jakarta, oleh pemuda-pelajar-mahasiswa dari lembaga pendidikan Stovia, wadah ini merupakan refleksi sikap kritis dan keresahan intelektual terlepas dari primordialisme Jawa yang ditampilkannya.  Oragisasi pemuda dan mahasiswa tersebut merupakan cikal dari perjuangan nasional yang menghasilkan kebebasan bangsa Indonesia.

Contoh lain yang lebih dekat adalah zaman reformasi yang kita rasakan saat ini. Dizaman orde lama yang telah berjalan turun temurun beberapa dekade telah tumbang menjadi era reformasi dimana tiap-tiap individu lebih bebas menyampaikan hak-hak dan aspirasinya kepada pemerintah.  Beberapa contoh tersebut dapat kita lihat bahwa pantingnya penerapan pada organisasi pemuda dan mahasiswa karena merupakan suatu kekuatan besar dalam perubahan suatu era kehidupan.
Pengorganisasian mahasiswa juga sangatlah penting dalam suatu kegiatan organisasi karena pengorganisasian mahasiswa berguna untuk memantau jalanya kehidupan berpolitik, selain itu juga berguna untuk kehidupan bermasyarakat dan Lingkungannya. Di setiap sekolah atau kampus biasanya ada sederet daftar kegiatan tambahan ekstrakuriluler atau yang disingkat dengan sebutan ekskul yang diizinkan sekolah dengan siswa sekolah atau mahasiswa perguruan tinggi tersebut sebagai anggotanya.
Manfaat, fungsi dan tujuan diadakannya kegiatan ekskul baik di sekolah maupun di kampus adalah sebagai wadah penyaluran hobi, minat dan bakat para siswa / mahasiswa secara positif yang dapat mengasah kemampuan, daya kreativitas, jiwa sportivitas, meningkatkan rasa percaya diri, dan lain sebagainya. Akan lebih baik lagi apabila mampu memberikan prestasi yang gemilang di luar sekolah sehingga dapat mengharumkan nama sekolah atau kampus kita. Walaupun secara akademis nilai dari ekstrakurikuler tidak masuk secara langsung ke nilai rapot, namun kegunaannya jauh lebih bermanfaat dari pada tidak melakukan banyak hal di luar jam belajar.
  •  Syarat-syarat tertentu yang harus terpenuhi dalam sebuah organisasi:

a).Adanya struktur atau jenjang jabatan, kedudukan yang memungkinkan semua individu dalam organisasi memiliki perbedaan posisi yang jelas seperti pimpinan,staf pimpinan dan karyawan.

b) Dalam sebuah organisasi ada pembagian kerja. Artinya setiap individu dalam institusi,baik yang sifatnya komersial maupun social memiliki satu bidang pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.
  •  Terdapat empat karakteristik utama dari sebuah organisasi
Tujuan
Setiap organisasi harus memiliki tujuan.Tujuan dicerminkan oleh sasaran-sasaran yang dilakukan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Tiga bidang utama dalam tujuan organisasi yaitu profitability (keuntungan), growth (pertumbuhan), dan survive (bertahan hidup). Ketiganya harus berjalan berkesinambungan demi kemajuan organisasi

Kumpulan Orang
Jelas, tidak mungkin jika organisasi hanya terdiri dari satu orang yang ingin mencapai tujuannya sendiri.Dari definisi dijelaskan bahwa organisasi setidaknya terdiri dari kumpulan orang, berarti minimal dua, yang memiliki tujuan bersama.

Struktur
Struktur dibentuk dalam sebuah organisasi dengan tujuan agar posisi setiap anggota organisasi dapat dipertanggungjawabkan, mengenai hak maupun kewajibannya.Struktur dibentuk agar organisasi berjalan rapi, karena terdapat struktur komando, siapa yang berwenang dan siapa yang diberi wewenang.

Sistem dan Prosedur
Karakteristik yang terakhir ini menggambarkan bahwa sebuah organisasi diatur berdasarkan aturan-aturan yang ditetapkan bersama dan tentu saja harus dengan penuh komitmen dalam menjalankannya. Implementasi dari sistem dan prosedur ini ialah adanya ketetapan mengenai tata cara, sistem rekrut, dan birokrasi.
Faktor lingkungan sangat berpengaruh terhadap eksistansi suatu organisasi.Organisasi cenderung memainkan peran menyesuaikan dengan keadaan lingkungan, entah itu demografi, ekonomi, politik, budaya, juga alam sekitar.Jadi, kemajuan organisasi harus selaras dengan perubahan lingkungan.

  •    Bentuk-bentuk organisasi

1.              Organisasi politik
2.              Organisasi sosial
3.              Organisasi mahasiswa
4.              Organisasi olahraga
5.              Organisasi sekolah
6.              Organisasi negara
  •  Manfaat mengikuti suatu organisasi

1.Bisa belajar gratis

Maksudnya belajar gratis ialah bisa berbagi pengalaman antara anggota atau orang yang juga berada dalam satu organisasi tersebut atau belajar dari orang yang berasal dari organisasi lain. Karena belajar tidak hanya di sekolah saja, belajar bisa dilakukan di manapun kita berada.

2.Mendapatkan banyak teman

Orang yang awalnya memiliki teman sedikit, bisa memiliki teman yang banyak karena mengikuti organisasi. Otomatis, bisa saling kenal dengan teman lain yang ada di dalam organisasi tersebut.

3.Mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat

Awal yang baik adalah dengan mengikuti organisasi. Banyak ilmu yang bermanfaat bisa didapatkan dari ketua, sekretaris, bendahara dan anggota lain yang memiliki potensi yang berbeda.

4.Lebih banyak pengalaman

.Banyak pengalaman bisa didapatkan dengan berbagai kegiatan yang ada dalm organisasi tersebut. Jika tidak mengikuti organisasi, berarti tidak melakukan kegiatan yang bisa menambah pengalaman.

5.Menambah keterampilan dan mengasah keterampilan

Menambah keterampilan berarti jika kita memiliki keterampilan lain(misalnya membuat kue lapis), kemudian dengan mengikuti organisasi itu, bisa membuat ayam bakar dengan belajar dari orang yang mahir dalam membuat ayam bakar dalam suatu organisasi tersebut. Mengasah keterampilan berarti jika memiliki keterampilan membuat kue lapis tapi belum begitu sempurna, kemudian dengan megikuti organisasi itu bisa menyempurnakan kue lapis yang awalnya belum sempurna.


6.Membantu untuk bisa mendapatkan penghasilan (tambahan penghasilan)

Mendapatkan penghasilan di sini termasuk hal yang bonus atau hal yang tidak terduga untuk bisa didapatkan, karena mendapatkan penghasilan berarti orang tersebut memiliki usaha atau produk untuk bisa dipasarkan di organisasi tersebut. Misalnya saja, orang yang memiliki usaha atau keterampilan membuat kue molen, dengan adanya organisasi itu, maka kue molen itu bisa dijual di mana organisasi itu berada dengan meminta ijin kepada pihak yang berwenang. Bisa juga orang yang menjual pulsa, dengan mengikuti organisasi itu, ketika ada teman yang membutuhkan pulsa tidak perlu jauh-jauh ke tempat lain. Cukup bisa bilang kepada orang yang menjual pulsa dalam satu organisasi tersebut.


REFERENSI :
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
http://erlysaf.blogspot.com/2012/10/apa-itu-organisasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar