Rabu, 09 Januari 2013

tugas pengantar bisnis (softskill) ke tiga



NAMA            : NURHAYANI
KELAS           : 1EB12
NPM               : 25212493

TUGAS BISNIS (SOFTSKILL) KE 3         

1.      Apa yang anda ketahui mengenai bisnis?

 
Jawab        :
      Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.
Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan.

2.      Jelaskan definisi bisnis menurut 10 pakar di dunia !
Jawab  :

1.     Mahmud Machfoedz
Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhankonsumen.


2.     Blown dan Petrello (1976)

“Business is an institution which produces goods and services demanded by people.” Artinya bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.


3.     Steinford (1979)

“Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people”. Dalam pengertian ini bisnis sebagai aktifitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. Dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang memilki badan hukum, perusahaan yang memiliki badan usaha, maupun perorangan yang tidak memilki badan hukum maupun badan usaha seperti pedagang kaki lima, warung yang tidak memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin Tempat Usaha (SIUP) serta usaha informal lainnya.


4.     Griffin dan Ebert (1996)

“Business is an organization that provides goods or services in order toearn provit”. Sejalan dengan definisi tersebut, aktifitas bisnis melalui penyediaan barang dan jasa bertujuan untuk menghasilkan profit (laba). Suatu perusahaan dikatakan menghasilkan laba apabila total penerimaan pada suatu periode (Total Revenues) lebih besar dari total biaya (Total Costs) pada periode yang sama. Laba merupakan daya tarik utama untuk melakukan kegiatan bisnis, sehingga melalui laba pelaku bisnis dapat mengembangkan skala usahanya untuk meningkatkan laba yang lebih besar.


5.     Hughes dan Kapoor

“Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a provit, the goods and services that satisfy societies needs. The general term business refer to all such efforts within a society or within an industry. Maksudnya Bisnis ialah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industri. Orang yang mengusahakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam menjalankan kegiatan bisnis disebut Entrepreneur.


6.     Allan Afuah (2004)

Bisnis merupakan sekumpulan aktifitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sember daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen.


7.     Glos, Steade dan Lowry (1996)

Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.



8.     Musselman dan Jackson (1992)

Menurut Musselman dan jackon bisnis adalah suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat dan perusahaan diorganisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.


9.     Huat, T. Chwee (1990)

Menurut T. Chwee, bisnis merupakan suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa  untuk memuaskan kebutuhan masyarakat.


10. Robert T Kiyosaki

Bisnis adalah bukan sekedar jual produk atau jasa, tetapi ditambah dengan system.
Menurut pakar bisnis Robert T Kiyosaki ada tiga cara untuk memiliki sistem sbb:
1. Membuat sendiri ( misal perusahaan, modal > 1 M )
2. Membeli waralaba ( modal >100 Juta )
3. Mengikuti pemasaran jaringan ( termasuk Networking, MLM , Online bussines seperti reseller dan affiliate program )
Pemasaran jaringan adalah suatu proses investasi yang sederhana. Jika begitu sederhananya proses untuk sukses mengapa tidak banyak orang yang berminat ?
Jawabannya persis yang di utarakan oleh Robert T Kiyosaki dalam bukunya GUIDE TO INVESTING bahwa :
Investasi adalah sebuah rencana yang sederhana, suatu proses menjadi kaya yang sering kali membosankan, tidak menggairahkan dan nyaris mekanis. Manusia cepat bosan dan ingin menemukan yang lebih menggairahkan itulah sebabnya hanya 3 dari 100 orang menjadi kaya.
Mereka mulai mengikuti rencana dan tak lama kemudian mereka bosan. Maka merek berhenti mengikuti rencana itu dan kemudian mencari kembali cara jitu untuk menjadi kaya dengan cepat. Mereka mengulangi proses kebosanan, kesenangan dan kebosanan lagi selama sisa hidup mereka. Mereka tidak mampu menanggung rasa kebosanan akibat mengikuti rencana sederhana yang tidak rumit untuk menjadi kaya. Kebanyakan orang megira ada suatu daya magis untuk menjadi kaya lewat investasi. Atau mereka mengira jika suatu rencana tidak rumit, maka rencana itu pasti tidak bagus. Percayalah jika sampai pada masalah investasi, sederhana adalah lebih baik daripada rumit ( Disadur dari buku GUIDE TO INVESTING ROBERT T KIYOSAKI ).

3.      Jelaskan mengenai franchaising !
Jawab  :
Waralaba atau Franchising (dari bahasa Prancis untuk kejujuran atau kebebasan) adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan.Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan Waralaba ialah,Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

4.      Berikan contoh bisnis internasional di indonesia yang sedang maju saat ini dan jelaskan secara detail!
Jawab :

Perusahaan penggilingan utama nasional adalah PT General Food Industries, anak perusahaan Petra Foods Limited, perusahaan yang berbasis di Singapura. Kemudian ada beberapa perusahaan swasta lain seperti PT Bumi Tangerang, PT Effem Indonesia, dan perusahaan terbuka PT Davomas Abadi Tbk.
Perusahaan asal Malaysia Guan Chong Berhad telah membangun pabrik penggilingan kakao dengan kapasitas 150 ribu ton per tahun di Pulau Batam. Perusahaan asal Amerika Serikat, Cargill dan Barry Callebaut juga tertarik investasi US$ 150 juta untuk pabrik penggilingan kakao di Indonesia.
Perusahaan penggilingan Kakao nasional juga mengimpor biji kakao kualitas tinggi dari Afrika untuk kemudian dicampur dengan produk kakao lokal. Langkah itu untuk memperbaiki rasa dan warna tepung kakao untuk kemudian diolah menjadi biskuit dan minuman cokelat.
Dari sisi produksi, Indonesia memiliki lahan perkebunan kakao seluas 1,5 juta – 1,6 juta hektare. Berdasarkan data Kementerian Pertanian, dari angka itu sebanyak 65 persen di antaranya berlokasi di Sulawesi dan 15 di Sumatera. Sementara sisanya di Jawa, Bali, Kalimantan, Maluku, dan Papua.
Petani memiliki 95 persen dari total lahan perkebunan kakao dan sisanya dimiliki oleh badan usaha milik negara dan swasta.
Pada 2006, produksi kakao nasional sempat menyentuh rekor 621.873 ton namun kemudian
Pada 2009, pemerintah Indonesia meluncurkan program untuk mendorong produksi kakao nasional menjadi 600 ribu ton per tahun pada 2013 dengan anggaran senilai US$ 350 juta. Program ini memberikan pupuk gratis untuk meningkatkan produktivitas tanaman kakao di lahan seluas 145 ribu hektare dan mengembangkan bibit pohon kakao yang lebih baik. Program ini juga mencakup peremajaan pohon kakao di lahan seluas 235 ribu hektare. Sekitar 700 ribu hektare kebun kakao yang rusak juga ditanami kembali dengan pohon baru.
Pada tahun 2012 Ekspor biji kakao nasional diperkirakan turun 29 persen menjadi 150 ribu ton dari 210 ribu ton tahun lalu. Meski demikian, kualitas produksi kakao Indonesia sedang mengalami penurunan pada tahun 2012 ini. Pemerintah berupaya meningkatkan produksi karena tanaman kakao kebanyakan sudah ditanam sejak 1980-an sehingga rentan terkena penyakit.
Dari sisi industri, konsumsi cokelat di Indonesia memiliki potensi tumbuh di masa mendatang. Saat ini konsumsi tahunan cokelat masyarakat Indonesia hanya 0,2 kilogram per orang dibandingkan 0,6 kilogram per orang di Malaysia dan 10 kilogram per orang di Eropa.
Untuk meningkatkan kapasitas penggilingan biji kakao nasional, pemerintah meningkatkan pajak ekspor biji kakao hingga 15 persen April 2010. Kebijakan bea ekspor diputuskan setiap bulannya berdasarkan harga kakao ekspor.
Kapasitas produksi penggilingan biji kakao nasional diperkirakan mencapai 350 ribu ton tahun ini dan diperkirakan akan naik menjadi 600 ribu ton di 2013.

5.      Jelaskan apa yang di maksud dengan :
a.       Perusahaan
b.      Organisasi
c.       Manajeman
d.      Manajemen produksi
Jawab :
a.       Perusahaan adalah Perusahaan adalah sutu organisasi dimana sumber daya (input) dasar seperti bahan dan tenaga kerja dikelola serta diproses untuk menghasilkan barang atau jasa (output) kepada pelanggan.
b.      Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
c.       Manajemen Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisas
d.      Manajemen Produksi yaitu kegiatan atau usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan dengan menggunakan /koordinasi kegiatan orang lain.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar